Senin, 02 Maret 2015

resensi buku sejarah pemikiran dan peradaban islam

BAB I
RESENSI BUKU

Nama Pengarang         : M. Abdul Karim
Judul Buku                  : Sejarah Pemikiran Dan Peradaban Islam
Tahun Terbit               : Cetakan I, November 2007
                                      Cetakan Ii, November 2009
Tempat Terbit              : Yogyakarta
Tebal Buku                  : 390 Halaman
Pengantar                    : Prof. Dr. H. M. Amin Abdullah
                                      Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif, M.A
Editor                          : Fahsin, M. Fa’al
Penerbit                       : Pustaka Book Publisher
                                      Jl. Tegal melati no. 118 c jongkang
                                      ( belakang monjali ) slema, yogyakarta 55581
                                      Telp. Redaksi (0274) 867646, telp. Marketing
                                      (0274) 867151, faks. (0274) 869506
                                      E-mail : rumahpinus@yahoo.com
                                      pinusredaksi@gmail.com





BAB II
ISI BUKU
adapun yang menjadi pembahasan dalam buku sejarah pemikiran dan peradaban islam yang ditulis beliau kali ini yaitu mempelajari sejarah pemikiran dan peradaban islam yang mencakup :
  1. Rancang bangun sejarah, peradaban dan pemikiran
  2. Periode kepemimpinan islam
  3. Islam di Afrika Utara
  4. Islam di Andalusia
  5. Islam di anak benua India
  6. Perkembangan islam di Indonesia
isi buku sejarah pemikiran dan peradaban islam ini berisi 13 bab mengenai islam dan segala selu beluknya adapun rincian dari bab – bab yang terkandung didalam buku ini yaitu
BAB I    RANCANG BANGUN SEJARAH, PERADABAN DAN PEMIKIRAN
BAB II        PERIODE RASULULLAH SAW ± 610-632 M
BAB III       PERIODE AL-KHULAFA AL-RASYIDUN 632-661 M
BAB IV       DINASTI UMAYAH 661-750 M
BAB V        KEKHALIFAHAN ABBASIAH 750-1258 M
BAB VI       ISLAM DI AFRIKA
BAB VII      ISLAM DI ANDALUSIA 711-1492 M
BAB VIII     ISLAM DI ANAK BENUA INDIA
BAB IX       ISLAM PADA MASA TRANSISI  
BAB X        TIGA KERAJAAN BESAR ISLAM  
BAB XI       PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA
BAB XII      ISLAM MASA MODERN : ABAD XVIII – XX M
Itulah isi dari beberapa bab yang ada di dalam buku ini, dan pada hakikatnya keseluruhan dari isinya menjelaskan Sejarah pemikiran dan Peradaban Islam dari awal bagaimana islam itu terbentuk yaitu dimulai dari arab sebelum islam, ketika nabi muhamad belum dilahirkan hingga sampai pada tahap perkembangan islam setelah masa nabi muhamad, kemudian diteruskan sampai pada masa keemasan islam. Kemudian islam pun berkembang pada masa sahabat, kemudian perluasan islam semakin luas pada masa kejayaan dinasti – dinasti besar islam hingga terus sampai pada masa kemunduranya. Dan tidak hanya sampai disitu saja perluasan islam mencapai puncaknya hingga masuk ke asia tenggara.
Sebagai buku sejarah yang bercerita tentang sejarah islam buku ini menceritakan banyak hal, sehingga banyak sekali informasi yang didapat untuk menjelaskan sejarah perkembangan islam dimasa kejayaanya dan dimasa kemunduranya, didalam buku ini pun termuat berbagai hal komplit mengenai struktur pemerintahan, pengangkatan kepala Negara dan pengakatan para gubernur serta berbagai cara dalam memperluas daerah kekusaan islam semua tertuang dalam buku Sejarah pemikiran dan Peradaban Islam ini sehingga semua hal itu pada kenyataanya dapat dirasakan dampaknya hingga sampai saat sekarang ini.





BAB III
KELEBIHAN BUKU
Adapun kelebihan yang bisa diungkap didalam buku Sejarah pemikiran dan Peradaban islam karya M.Abdul Karim yaitu:
1.    Buku Sejarah pemikiran dan Peradaban Islam ini memberikan banyak sekali pengetahuan mengenai sejarah pemikiran dan peradaban islam dimulai dari riwayat hidup nabi muhamad, perkembangan islam dimasa dinasti – dinasti kerajaan besar  bahkan sampai peradaban islam di Indonesia. Semua terangkum didalam yang sederhana ini sehingga patut untuk dibaca tidak hanya oleh para akademisi namun juga bagi siapapun yang ingin mengetahui mengenai sejarah pemikiran dan perdaban islam secra lebih lanjut. 
2.   Selain itu bahasa yang digunakan didalam buku Sejarah pemikiran dan Peradaban Islam bisa dibilang ringkas, mudah dan sederhana sehingga mudah untuk dipahami oleh para pembaca melalui bahasa yang lugas dan terstruktur seakan memberikan gambaran yang nyata dalam mengembangkan iamajinasi pembaca seakan pembaca dapat merasakan bagaimana Sejarah pemikiran dan Peradaban Islam tersebut benar-benar melekat dan terjadi pada masa perkembangan islam dimasa lalu dan sekarang.
3.   Disamping itu buku Sejarah pemikiran dan Peradaban Islam ini juga memberikan banyak catatan kaki dan juga daftar pustaka, tidak hanya dari penulis lokal tetapi juga para penulis luar, seperti para penulis orientalis. Ini memberikan gambaran bahwa buku ini sebenarnya berusaha untuk merangkum informasi dari banyak sumber.     
4.    Sebagai buku yang memuat banyak hal mengenai sejarah pemikiran dan peradaban islam ini berusaha memberikan ganbaran subjektif mungkin tentang sejarah perdaban islam tidak hanya dari sudut pandang tertentu saja tentang kebaikan – kebaikan yang pernah dilakukan umat islam, namun juga didalam buku ini diungkap mengenai sisi kelam lain masa lalu yang pernah dilakukan umat islam seperti perebutan kekuasaan, perang saudara bahkan sampai pembantaian orang orang ataupun kelompok tertentu. Semua terdapat didalam beberapa bab dibuku ini contohnya seperti terdapat pada halaman 139 mengenai bagaimana runtuhnya dinasti umayyah akibat perebuatan kekuasaan dan konflik atau halaman 245 mengenai bagaimana islam mengalami kemunduran dan terhapusnya islam di Andalusia.
















BAB IV
KEKURANGAN BUKU
Kekurangan yang sangat dirasakan di dalam buku ini adalah proporsi untuk pembahasan periode moderen sejarah dunia islam sangat kurang, dibandingkan dengan perode klasik dan periode pertengahan. Hal itu dikarenakan :
  1. Pertama. Pembahasan hanya sampai pada masa kemerdekaan Negara – negara islam, jadi tidak termasuk perkembngan Negara – negara islam setelah merdeka
  2. Kedua. Pembahasan mengenai perjuangan kaum muslimin di dalam menekan Negara merdeka tidak rinci, karena banyak sekali Negara islam yang harus dipaparkan dalam buku ini
  3. Ketiga. pemikiran politik dinegara Negara islam dalam rangka menegakkan ajaran islam dalam Negara modern juga tidak banyak diungkap
  4. Keempat. Lebih lanjut hal itu menyebabkan lembaga – lembaga keagamaan dan peradaban Negara islam dalam islam moderen tidak tersingkap
  5. Kelima adapun kelemahan lain yang bisa kita lihat yaitu di beberapa halaman seperti halaman 22-23 pada buku ini terdapat ayat ayat alquran yang hanya berupa terjemahan ayatnya saja sementara ayat alquran yang berbahasa arab sama sekali tidak ditulisakn oleh M. Abdul Karim ini merupakan kelemahan yang kecil, namun sebagai sebuah buku yang benafaskan agama islam alangkah baiknya apabila ayat alquran dituliskan secara lengkap besrta artinya.
Semua kekurangan itu memang tidak mungkin disajikan dalam satu atau dua bab dalam buku ini. Dia membutuhkan buku tersendiri. Namun , kekurangan itu akan bias dipahami apabila kita melhat bahwa buku ini memang hanya untuk pengajaran dirasah islamiyah yang disajikan dalam satu semester. Sejarah islam yang sangat luas dan sangat panjang itu terlalu banyak untuk dipelajari hanya dalam satu atau pun dua semester, meskipun demikian sebagai sebuah buku pengantar dalam kajian sejarah perdaban islam, buku ini  cukup memadai, sekalipun tidak tertutup kemungkinan adanya kekurangan dan kesalahan disana - sini     











BAB V
KEISTIMEWAAN BUKU
            Setelah melihat banyak hal maupun berbagai perspektif dari buku ini, adapun keistimewaan yang diusung dari buku Sejarah Pemikiran Dan Peradaban Islam karya M. ABDUL KARIM dibandingkan buku lainya ini tidak terlepas dari muatan isi buku ini sendiri dimana didalam buku yang tergolong sedang ini telah banyak memberikan gambaran yang cukup luas tentang Sejarah Pemikiran Dan Peradaban Islam dan segala ragam jenisnya yang bisa dijadikan pelajaran sejarah yang cukup bermanfaat
            Selain itu hal yang tidak boleh dilupakan adalah tentang bagaimana sang penulis berusaha untuk memberikan pendekatan yang relevan dalam memberikan pengarahan pada para pembacanya dengan menggunakan bahasa yang lugas padat dan tepat sehinngga buku ini layak untuk dibaca siapa saja.








BAB VII
KESIMPULAN
Sudah jelas, dalam pembahasan buku sejarah pemkiran dan  peradaban islam pada bab I dikatakan bahwa sebuah sejarah harus dilihat siapa penulisnya dan bagaimana kondisi psikologisnya. Akan tetapi, sepertinya M. Abdul Karim, melupakan hal ini. Secara teliti kia akan melihat ada delapan catatan kaki yang diambil M. Abdul Karim dari beberapa penulis barat/eropa/amerika.
Bagi kita, bahwa jelas mereka akan meninggalkan satu atau dua bahkan lebih bukti sejarah yang membesarkan nama islam. Hal ini mungkin saja mempengaruhi keabsahan dari dasar buku mereka. Seharusnya, M. Abdul Karim lebih teliti dalam memasukkan referensi dari penulis barat.
Gaya penulisan oleh M. Abdul Karim, yang menggunakan metode narasi seakan-akan peresensi sedang membaca novel klasik. Ini memudahkan peresensi dalam menganalisa dan memaknai setiap maksud dan tujuan yang dituliskan oleh M. Abdul Karim.
Secara maksimal, pembaca akan menemukan makna yang ingin disampaikan oleh M. Abdul Karim. Dalam penulisan buku sejarah pemikiran dan peradaban islam ini. Jadi, pembaca buku ini khususnya pada pembahasan bab ini tidak melihat faktor usia dan golongan serta jenjang kependidikan para pembaca. Para siswa SLTP, SLTA dan Mahasiswa bisa membaca dan menganalisa buku sejarah pemikiran dan peradaban islam ini dengan tiada menemukan kesulitan yang berarti.



BIOGRAFI PENULIS
M. Abdul Karim, lahir di Jessore, Pakistan Timur, kini Bangladesh, pada 1 Mei 1955. terhitung sejak 29 April 1996, resmi menjadi Warganegara Indonesia. Ia adalah Guru Besar tetap pada Jurusan Sejarah Dan Kebudayaan Islam (SKI). Dan mengajar di Program Pascasarjana (PPS) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ia juga mengajar di sekolah Pascasarjana UGM. PPS UII Yogyakarta, dan PPS UMS Solo. Prof. Karim menjadi anggota tim penilai disertasi doktor, anggota tim penilai kenaikan pangkat (TPKI-asisten ahli-lektor), koordinator dosen-dosen SKI se-UIN 20, dan moderator diskusi ilmiah dosen tetap ( jum’at malam) UIN Sunan Kalijaga ( sejak 2006 sampai sekarang ). Dengan istri pertama, Syahrumil Aini Lubis (W. 23 september 2007 ) dikaruniai dua orang putera : Suhadi Rausyan Kareem dan Bonita Rausyani Kareem. Bersama kedua puteranya, ia kini didampingi oleh Euis Sri Nur Lilla ( menikah tanggal 14 juli 2008 ). Alamat rumah : Syeba, Maguwono No 119 dan 120, Wonocatur, Yogyakarta. Hp. 0818464844, 081227790515, dan (0274) 444385. E-mail : makarim82@yahoo.com.
Di Bangladesh menamatkan H. S. C./SMU (1973) dengan predikat juara nasioanl (Jessore Board). Dengan merit scholarship ia menyelesaikan B. A. Honours (1976) dan M. A (1979), Department Of Islamic History And Culture, Dhaka University, Bangladesh. Pada tahun akademik 1980/1981 ia kuliah di jurusan SKI Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta dan lulus Sarjana Lengkap (1983) dengan skripsi. “ Studi Prbandingan Tentang Masuknya Agama Islam Di Bangladesh Dan Indonesia”, memperoleh gelar M. A kedua kalinya, PPS UIN Sunan Kalijaga (1987) dengan tesis “Peranan Islam Dalam Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia “, pada tahun 2003 ia menyelesaikan program Doktornya di tempat yang sama disertasi “ Pengaruh Islam Dalam Pembinaan Moral Bangsa Di Indonesia”.
Karim menjabat sebagai Sekertaris Jendral Organisasi Sanzibon Shahitto Goshthi di Dhaka University, Bangladesh (1974-1979) dan pernah menjadi Interpreter bagi delegasi International Training Program : Family Planning Management di BKKBN Jakarta (1980-1992). Ia mendampingi kunjungan perdana mentri Bangladesh ke Indonesia (4-8 september 1997), khususnya pertemuan empat mata antara Perdana Menteri Sheikh Hasina dengan Presiden Soeharto pada tanggal 5 September 1997. Pengalaman mengajar sejarah dimulai pada 1979 di West End High School, Azimpur, Dhaka, Bangladesh. Sejak 1981, ia sudah mulai aktif mengajar di berbagai perguruan tinggi: IDMS (sekarang STDMS) Yogyakarta (1981-1987), FIAI (1981-200) dan FE UII Yogyakarta (1996-sekarang), UMY Yogyakarta (1996-1999), IAIN Walisongo Semarang (1990-1999), STAIN Surakarta (1997-2001), serta dosen tamu PPS dan dosen FKI Fakultas Adab IAIN Raden Fatah Palembang (2005-2006).
Aktif menulis di berbagai media masa baik di Indonesia maupun Bangladesh di samping melakukan penelitian, antara lain, 1. “Teologi Anti Korupsi: Konstruksi Pemberantasan Korupsi dalam Lintasan Sejarah Islam“, Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Mei-Oktober 2006. Pada Jurusan SKI Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta; 2. “Islam di Kalangan Mongol (Studi Hisatoris Dinasti Chaghtai, Golden Horde, Dan Ilkhan 2005”; 3. “Pancasila Sebagai Kristalisasi Budaya Bangsa Indonesia Dalam Perspektif Islam; Sebuah Analisis Historis. 2004”; 4. Sejarah Masuknya Islam di India (Deskripsi Historis Tahun 630-1205 M)2002”.
Buku yang sudah beredar antara lain, 1) Islam Nusantara (2007), 2) Wacana Politik Islam Kontemporer (2007), 3) Islam di Asia Tengah (2006), 4) Islam dan Kemerdekaan Indonesia: Membongkar Marjinalisasi Peranan Islam dalam Perjuangan Kemerdekaan RI (2005), 5) Menggali Muatan Pancasila dalam Perspektif Islam (2004), 6) Sejarah Islam di India (2003), dan bersama Mudzirin Yusif, dkk., 7) Sejarah Peradaban Islam di Indonesia (2006), serta dengan Siti Maryam dkk., 8) Sejarah Peradaban Islam : Dari Masa Klasik Hingga Modern (2002). Selain itu, buku yang sedang proses terbit; “Islam di Andalusia (2009)”. Di samping itu, juga editor buku ajar : Pemikiran dan Peradaban Islam (2007), serta anggota dewan pakar, pusat studi islam, UII Yogyakarta. Selain itu juga banyak menulis makalah ilmiah dan menjadi narasumber di berbagai forum/seminar, serta memberi ceramah baik di kalangan umat islam secara umum atau di perguruan-perguruan Tinggi di Jawa dan luar Jawa sejak 1980 s/d sekarang. 


5 komentar:

  1. Saya tertarik dengan sejarah, dan tampaknya buku ini menarik untuk dibaca. Kira-kira bisa dicari di toko buku mana ya? Terimakasih infonya!
    Oh, ya sekadar bertukar informasi, ada satu buku menarik yang pernah saya baca tapi lebih condong ke masalah geopolitik di Timur Tengah daripada sejarah Islamnya itu sendiri, judulnya "World Without Islam" oleh Graham E. Fuller. Memang sih kalau dari judulnya terkesan mendiskreditkan Islam, tapi isinya sangat menarik dan memperlihatkan kalau Islam bukan agama yang menyebabkan konflik apalagi terorisme seperti yang seringkali muncul di pikiran orang sekarang. Kalau suka sejarah, politik, atau isu hubungan internasional buku itu pas banget untuk dibaca.
    Dan ada beberapa buku lagi yang saya temui dari situs ini (https://www.galena.co.id/q/buku-apa-sajakah-yang-membahas-asal-muasal-dan-sejarah-islam-secara-netral) yang mungkin juga bisa jadi menarik. Saya belum sempat baca juga sih tapi dari resensinya bagus.
    Omong-omong, salam kenal! :)

    BalasHapus